Sabtu, 13 Mei 2017

Dog, Rabbit, Bull, Peacock……

Cara untuk menghadapi perbedaan adalah dengan MEMAHAMINYA. Hanya satu, memahaminya. Bukan sekedar mentoleransi tetapi MEMAHAMI. Contoh: mentoleransi anda bisa lakukan sambil tetap dongkol di hati. Memahami means anda mengerti mengapa perbedaan itu ada, apa sumber perbedaan itu, dan dengan memahami anda bisa MENEMPATKAN diri anda pada posisi yang benar. Itu saja caranya, GA ADA CARA LAIN!! No secret guys!!
Ada banyak Tools untuk memahami suatu makhluk yang namanya manusia. Saya beri lagi satu konsep yang cukup sederhana tetapi cukup penting untuk dimengerti, biasanya dipakai dalam dunia kerja ataupun dunia organisasi.

Lihat gambar:


Ada 4 arah panah, arah vertical menunjukkan degree extrovert dan introvert. Extrovert means anda terbuka, senang berbicara, good with people , segeto lah gampangnya. Introvert means anda kalem, tenang dan cenderung pendiam.
Sisi horizontal menunjukkan degree of work orientation. Task oriented berarti anda berorientasi pada tugas. Tugas dan tanggung jawab kudu dilaksanakan. Relationship oriented adalah social animal yang kadang lebih mengutamakan hubungan instead of tugas. Bukan berarti mereka ga tanggung jawab, tapi basis dari setiap tindakan mereka adalah tanggung jawab terhadap pekerjaannya.
Ok, masukkan di bagan ini, dapatlah kita 4 kuadran. Kuadran atas kiri adalah Banteng (bull), orang2 yang task oriented dan extroverted. Mereka senang berkompetisi, mereka merupakan pimpinan yang tegas dan terarah. Kuadran kanan atas adalah Peacock. Mereka adalah social animal yang bisa mengarahkan orang dengan pesonanya.
Kanan bawah adalah anjing (dog), tipe setia dan loyal, biasanya mereka amat teliti, layak diberi tugas2 yang membutuhkan ketelitian. Terakhir rabbit, mereka biasanya sangat soft person, menekankan pada human touch dan sangat “artsy” (biasanya)
Nah ini sedikit penjelasan, yang mana anda, anda kaji sendiri. Nah skarang, titik pointnya adalah, jika anda seorang pemimpin, lihat anak buah anda, clusterkan mereka dalam 4 bagian ini dan beri mereka porsi yang sesuai.

Contoh:
Kerjaan accounting dikasi ama Peacock BISA KACAU!! Bukan nya kerjain malah keliling kesana kemari, salah semua angkanya. Harusnya accounting atau keuangan tu sama Dog.

Kerjaan marketing sama Bull bisa dipaksa2 orangnya beli. Kalo produknya Toyota Kijang is OK. Cuma kalo produknya premium, butuh orang Rabbit untuk mengerjakan marketingnya.

Kerjaan Customer Maintenance jangan dikasi sama Dog, kurang tepat. Customer Maintenance, follow up, itu harus orang Peacock. Karena dia bisa buat orang tetap stay dengan charmnya.

Disaat yang sama, Bull harus kerja sama dengan Rabbit. Wah bisa stresss tu si Bull. Atau Peacock dengan Dog. Wah yang ada si Dog minder si Peacock stress !!

Nah sebaliknya kalo anda anak buah. Pahamilah pimpinan anda tipe apa, dan mengerti lah. Saat anda mengemukakan pendapat, come from his/ her side.

Contoh :
Pimpinan anda tipe dog : anda harus majuin DATA !! Majuin laporan statistik, data penjualan terakhir dll.
Pimpinan anda tipe Bull: Strategi harus benar. Kalo anda risk averse (lawannya risk taker), dan ide anda menghindari strategi, mending jangan ngomong, simpen aja di hati.
Pimpinan anda tipe rabbit: Anda harus pelan2 ngomongnya, sampaikan kata perkata dengan jelas, jangan machine gun. Jual ide anda dengan sedikit emotion selling, SUKSES!!
Pimpinan anda Peacock: Ngomong ide ajak dia pergi makan, atau sambil main Timezone. Ide anda pasti diterima

Nah intinya dari semua ini adalah, dengan mengerti perbedaan, anda bisa MEMAHAMI dan BERSIKAP dengan benar. Kalo anda TIDAK PAHAM, anda pasti stress menghadapi orang di depan anda, baik itu majikan, orang tua, anak, pegawai dll. So marilah menghargai dan memahami perbedaan. Salam

Widhi Servo - Owner Servo Group

Saya tidak berbisnis, hanya mengalihkan pikiran negatif saya. Baca selanjutnya di sini 

Top