Kamis, 01 Maret 2018

Naikkan Sense of Belonging Karyawan

Apa yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan semangat karyawannya? Semua orang pasti setuju jika jawabannya adalah kenaikan gaji. Namun kenaikan gaji bukan merupakan cara yang terbaik, karena bagaimana pun gaji tetap harus menyesuaikan dengan job desk karyawan dan budget perusahaan.

Selain itu, kenaikan gaji belum tentu menciptakan loyalitas karena saat karyawan ditawarkan gaji lebih tinggi di perusahaan lain, bisa jadi ia meninggalkan perusahaan Anda dengan mudahnya. Lantas apa cara terbaik untuk meningkatkan kinerja karyawan?

Jawabannya adalah memunculkan sense of belonging di hati tiap karyawan. Sense of belonging artinya rasa memiliki akan sesuatu. Dengan ikatan dan “rasa memiliki” pada perusahaan tempatnya bekerja, karyawan tak hanya berusaha memberikan yang terbaik untuk perusahaannya, tetapi juga memberikan loyalitasnya.

Karena apapun yang ditawarkan perusahaan lain padanya, tak serta merta membuatnya pindah, karena ada hal-hal lain yang menurutnya tak bisa ditinggalkannya dengan mudah di perusahaan yang sekarang.

Tentu Anda tak ingin dengan mudah kehilangan karyawan-karyawan terbaik yang selama ini Anda andalkan, bukan? Simak bagaimana Anda dapat meningkatkan sense of belonging karyawan Anda.

1. Sambut karyawan baru dengan baik

Saat karyawan bergabung dengan perusahaan Anda, mereka tak hanya harus mengetahui apa yang Anda harapkan dari mereka, tapi mereka juga harus tahu apa artinya mereka bagi perusahaan, dan seberapa bernilainya mereka bagi perusahaan Anda.

2. Saling hormat dan percaya

Karyawan merasakan sense of belonging saat nilai-nilai personal mereka sinkron dengan nilai-nilai yang dijalankan oleh perusahaan. Hargai karyawan saat mereka membawa dan menjalankan nilai-nilai positif mereka.

3. Bangun visi & misi bersama

Karyawan merasa lebih percaya akan masa depan mereka di perusahaan Anda jika mereka merasa pemimpinnya akan membimbing mereka ke tujuan mereka. Sampaikan visi dan misi jangka panjang perusahaan, dan libatkan keputusan karyawan agar mereka merasa memiliki andil dan rasa berjuang bersama.

4. Tunjukkan apresiasi Anda
Perlihatkan bahwa Anda benar-benar peduli, menghormati, dan menghargai karyawan Anda. Bahkan sesederhana kata “tolong” dan “terima kasih”. Perlakukan mereka sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Ketika Anda meluangkan waktu untuk mengenal karyawan Anda, Anda juga akan belajar apa jenis pujian yang dapat memotivasi bagi mereka.

5. Investasi untuk mengembangkan karyawan

Saat perusahaan berusaha meningkatkan perkembangan karyawannya, karyawan merasa bernilai dan termotivasi untuk memberikan lebih kepada perusahaan. Ikutkan karyawan pada training atau seminar, tawarkan kesempatan pendidikan informal jika diperlukan.

Widhi Servo - Owner Servo Group

Saya tidak berbisnis, hanya mengalihkan pikiran negatif saya. Baca selanjutnya di sini 

Top