Senin, 19 Maret 2018

Kaizen dalam Perusahaan: Apa Peran Anda ?


Saat menerapkan Kaizen, masih banyak yang kurang memahami siapa yang bertanggung jawab terhadap apa. Bagaimana dengan perusahaan Anda ?

Setiap mendengar kata Kaizen, di situlah ada sebuah perubahan yang berkelanjutan. Karena konsep Kaizen memang berarti perubahan menjadi lebih baik secara terus menerus tanpa akhir. Sifat “berkelanjutan pada Kaizen mengacu pada orang-orang dan proses yang dilakukan; yang melibatkan peningkatan yang terus berlanjut yang melibatkan setiap manajemen puncak, manajer, dan seluruh pekerja.

Jika Anda menerapkan filsafat Kaizen pada organisasi Anda, berarti semua aspek dalam organisasi harus terus berkembang setiap saat. Baik, prosesnya, praktik manajemennya, dan tentu saja orang-orang yang melakukan itu semua. Berikut adalah konsep Kaizen yang menyeluruh dalam proses bisnis:

1. Sistem nilai Kaizen:

Sistem nilai dasar kaizen adalah “perbaikan terus-menerus atas semua hal, di semua tingkat; sepanjang waktu, semua strategi untuk mencapai kejatuhan ini di bawah payung kaizen selamanya.

2. Peran top manajemen:

Top manager bertanggung jawab untuk menetapkan kaizen sebagai strategi perusahaan yang utama dan kegiatan lainnya seperti mengkomunikasikan komitmen organisasi ke semua tingkat, mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk implementasi kaizen, menetapkan kebijakan yang tepat, memastikan penerapan kebijakan kaizen dan pembentukan sistem secara penuh, prosedur dan struktur yang diperlukan untuk mempromosikan kaizen.

3. Peran manajer menengah:

Manajer menengah memiliki tanggung jawab untuk menerapkan kebijakan kaizen yang ditetapkan oleh Top manajemen. Mereka juga bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbaiki standar kerja, memastikan karyawan dilatih secara memadai untuk memahami dan menerapkan kaizen dan juga memastikan bahwa karyawan belajar bagaimana menggunakan semua alat pemecahan masalah yang diperlukan.

4. Peran pengawas:

Supervisor bertanggung jawab untuk menerapkan pendekatan kaizen dalam peran fungsional mereka. Mereka juga bertanggung jawab untuk memperbaiki komunikasi di tempat kerja, menjaga karakter karyawan, berupayan meningkatkan teamwork, meminta saran dari para karyawan dan membuat saran kaizen.

5. Peran karyawan:


Karyawan bertanggung jawab untuk berpartisipasi dalam kaizen dalam kerjasama tim (teamwork), membuat saran kaizen, melakukan kegiatan perbaikan diri secara terus menerus, terus meningkatkan keterampilan kerja mereka melalui pendidikan dan pelatihan dan terus memperbesar pekerjaan mereka melalui pelatihan lintas fungsional.

Nah, sudahkah masing-masing bagian berperan dalam jalannya Kaizen di perusahaan Anda ?

Widhi Servo - Owner Servo Group

Saya tidak berbisnis, hanya mengalihkan pikiran negatif saya. Baca selanjutnya di sini 

Top