A-List:
Sebuah daftar blogger-blogger yang memiliki blog dengan traffic relatif
tinggi dan banyak dikenal di dunia blogging. Biasanya merujuk pada
daftar 100 Technorati Blog.
Adsense:
Jaringan periklanan online yang paling terkenal di internet. Adsense
dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada para blogger untuk
melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di
blog mereka. Setiap kali seseorang mengklik teks iklan Google Adsense,
maka si pemilik blog akan mendapatkan sejumlah komisi.
Adwords:
Kebalikan dari Adsense. Adwords memungkinkan perusahaan atau individu
untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka
berdasarkan perhitungan cost per click (CPC). Seorang pemasang iklan
harus menentukan kata kunci yang hendak dibidiknya dan berapa harga yang
bisa ia berikan untuk setiap kliknya. Iklan Adwords bisa muncul di
halaman hasil pencarian Google maupun di unit iklan Adsense di situs
atau blog yang mengikuti program Adsense.
Affiliate Marketing:
Disebut juga affiliasi, adalah sebuah cara yang sangat populer untuk
mendapatkan uang dari internet dimana seorang pemilik program affiliasi
memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya
dengan imbalan sejumlah komisi. Komisi bisa bersifat tetap atau
berubah-ubah, dan bisa berdasarkan klik, leads atau penjualan yang
terjadi.
Akismet:
Plugin filter spam untuk blog berplatform WordPress yang sangat
populer. Dibuat oleh perusahaan yang sama dengan yang membuat kode
WordPress, Automattic.
Alexa:
Sebuah perusahaan online (milik Amazon.com) yang memantau traffic semua
situs yang ada di internet. Sistem ranking yang digunakan didasarkan
pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet. Belakangan
mereka mengubah algoritme ranking ini untuk menghilangkan bias toolbar
yang banyak menguntungkan situs-situs bertopik teknologi. Semakin rendah
ranking Alexa, maka semakin tinggi trafficnya. Walaupun demikian
terdapat sejumlah kontroversi mengenai akurasi ranking Alexa ini.
Anchor Text: Teks
yang digunakan di dalam back link. Kebanyakan pakar optimasi mesin
pencari (SEO) sepakat bahwa anchor text merupakan salah satu faktor
penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs atau blog di hasil
pencarian search engine.
Atom:
Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS.
Atom memungkinkan seseorang mendapatkan updates artikel dari sebuah
situs atau blog manakala ada posting baru.
Automattic:
Perusahaan yang didirikan oleh Matt Mullenweg dan bertanggungjawab
terhadap pengembangan WordPress.org (software blog) dan WordPress
(hosting) selain proyek-proyek lainnya.
Backlink:
Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman
utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs. Backlink penting
karena Google dan mesin pencari yang lain mempergunakan jumlah dan
kualitas backlink sebagai ukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau
situs.
Blackhat: Gabungan
teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak etis dan bahkan
kadang ilegal dengan tujuan tertentu. Menyembunyikan teks dibalik gambar
atau mempergunakan halaman doorway dengan re-direct adalah contoh
teknik-teknik blackhat.
Blog: Suatu
jenis situs dimana sang pemiliknya mempublikasikan pikiran, ide atau
pengetahuan mengenai topik tertentu. Biasanya isinya berupa artikel,
yang disebut post, dan disusun berdasarkan urutan kronologis. Awalnya
blog muncul sebagai diary online, namun saat ini blog mencakup berbagai
macam ceruk topik, dan bersaing ketat dengan media massa kebanyakan.
Blog Carnival: Sebuah
event ketika para blogger berkumpul untuk untuk membuat sebuah koleksi
artikel mengenai sebuah topik tertentu. Biasanya blog carnival hanya
terdiri dari satu blog dengan sejumlah blog yang berpartisipasi
mengirimkan artikelnya.
Blogger:
Seseorang yang memiliki blog. Blogger juga merupakan nama komersil
platform dan hosting blog gratis milik Google (yang lebih dikenal dengan
nama ekstensi Blogspot).
Blogging: Aktivitas
menulis sesuatu di dalam blog. Bisa juga berarti aktivitas yang lebih
luas yang dilakukan oleh seorang blogger (misalnya berinteraksi dengan
pembaca, mempersiapkan materi konten, dan lain-lain).
Bloglines:
Salah satu RSS Feed Reader yang paling populer. Bloglines merupakan
aplikasi berbasis web yang memungkinkan penggunanya untuk berlangganan
dan mengelola RSS Feed.
Blogosphere: Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog.
Blogroll:
Fitur blog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik blog
menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya. Fitur ini
biasanya ditampilkan di bagian sidebar. Namun saat ini semakin sedikit
blog yang menampilkan blogroll.
Comments:
Hampir semua platform blog memungkinkan pembacanya untuk memberikan
komentar dan meninggalkan feedback di setiap halaman posting artikel
sebuah blog. Fitur inilah yang membuat blog menjadi sebuah media
percakapan langsung dan telah menjadi salah satu faktor kesuksesan blog
di dunia internet.
Comment spam:
Komentar yang ditulis semata-mata untuk mendapatkan backlink dan
diharapkan akan memberikan aliran traffic pengunjung ke blog pihak yang
menuliskan komentar spam tersebut.
Compete: Perusahaan analis web, seperti halnya Alexa, yang memantau dan memperkirakan jumlah traffic situs atau blog.
CPC:
Kependekan dari cost-per-click, dan ia merepresentasikan suatu bentuk
online advertising dimana si pengiklan (advertiser) memberikan sejumlah
uang kepada setiap pengunjung yang meng-klik iklannya dan mengunjungi
situs atau halaman penjualan produknya. Di sisi lain, terdapat penerbit
iklan (publisher) yang menampilkan iklan CPC di situs atau blognya dan
mendapatkan uang untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung situs atau
blognya. Jaringan iklan CPC paling terkenal adalah Google Adwords.
CPA:
Kependekan dari cost-per-action, dan ia merepresentasikan suatu bentuk
online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar ketika
pengunjung sebuah situs melakukan tindakan tertentu (misalnya ketika
mereka berlangganan news letter atau membeli sebuah produk tertentu).
Kebanyakan program affiliasi menggunakan skema CPA.
CPM:
Kependekan dari cost-per mille, dimana mille berarti 1000 dalam bahasa
Latin. CPM, dengan demikian berarti harga per 1000 impresi, dan ia
merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan
(advertiser) akan membayar harga tertentu ketika iklan banner atau iklan
lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog.
CSS:
Kependekan dari Cascading Style Sheets, dan merupakan bahasa
pemrograman yang dipergunakan untuk membuat halaman wes yang ditulis
dengan kode HTML atau XHTML. Kelebihan CSS adalah memungkinkan Anda
untuk mengontrol tampilan halaman situs secara bersamaan dari lokasi
yang sama (file CSS).
Digg:
Situs social bookmarking paling terkenal di dunia. Pada dasarnya Digg
adalah sebuah situs yang dihidupi oleh penggunanya, dimana anggota
komunitas Digg memberikan vote terhadap sebuah artikel yang akan tampil
di halaman depan situs tersebut. Bagi kebanyakan pemilik situs, tampil
di halaman depan Digg adalah sebuah kebanggaan. Ia bisa memberikan
ribuan pengunjung hanya dalam waktu sehari. Meskipun demikian, terdapat
kontroversi terhadap kualitas traffic pengunjung yang datang dari Digg
karena pengunjung biasanya jarang kembali lagi dan jarang meng-klik
iklan.
Domain:
Juga dikenal sebagai nama domain atau nama hosting domain, adalah nama
situs atau blog yang tercatat di dalam dunia internet. Contoh nama
domain adalah Yahoo.com.
Duplicate content:
Konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah
situs atau blog. Mesin pencari (misalnya Google Search Engine) cenderung
menjatuhkan penalti untuk situs atau blog dengan konten-konten hasil
duplikasi.
Favicon:
Kependekan dari "Favorite Icon", adalah sebuah ikon yang diasosiasikan
dengan logo sebuah situs atau blog dan akan muncul pada bagian browser
atau bagian bookmark. Favicon dimaksudkan untuk memudahkan
mengidentifikasi sebuah situs atau blog.
Feed:
Disebut juga feed web atau feed news, adalah sebuah format data yang
digunakan di dunia internet untuk memudahkan penggunanya mendapatkan
updates artikel dari situs atau blog favoritnya. Terdapat dua jenis
format utama feed: RSS Feed dan Atom Feed.
Feed Count:
Biasanya merujuk pada widget dari FeedBurner yang berfungsi memberikan
laporan jumlah pelanggan RSS pada suatu situs atau blog.
FeedBurner:
Sebuah perusahaan online milik Google yang menyediakan layanan RSS
Feed. FeedBurner merupakan layanan gratis yang menyediakan RSS Feed
dengan berbagai fitur menarik, dan memudahkan pemilik situs atau blog
mengumpulkan data statistik RSS Feed situs atau blognya.
FTP:
Kependekan dari File Transfer Protocol. FTP merupakan sebuah protokol
jaringan yang digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke
komputer lainnya. Jika Anda menggunakan layanan perusahaan hosting, Anda
membutuhkan FTP untuk mentransfer file situs Anda dari komputer Anda ke
server perusahaan hosting tersebut.
Google Analytics:
Sebuah layanan gratis dari Google yang memberi pemilik situs sejumlah
informasi dan data statistik mengenai jumlah traffic dan pengunjung
situsnya. Google Analytics juga dikenal sebagai salah satu layanan web
paling terpercaya (layanan lain seperti Webalizer atau AWStats cenderung
melebihkan angka dengan memasukkan traffic bukan-manusia ke dalam data
yang dihasilkan).
Google Reader:
RSS Reader paling populer di dunia internet. Google Reader merupakan
aplikasi berbasis web yang memungkinkan para penggunanya untuk
berlangganan dan mengelola RSS Feed situs atau blog tertentu. Karena
saking populernya, banyak situs yang menampilkan badge khusus Google
Reader agar pembacanya bisa berlangganan RSS Feed melalui Google Reader.
Hotlinking:
Juga dikenal dengan sebutan tautan inline dan pencuri bandwith,
hotlinking merujuk pada praktek-praktek menggunakan obyek tertentu
(seringkali berupa gambar) dari satu situs ke dalam situs yang lain.
Meskipun praktek ini awalnya merupakan bagian dari desain besar dunia
web, namun belakangan orang cenderung mengaitkannya dengan praktek
penyalahgunaan. Ketika Anda melakukan hotlinking sebuah gambar yang ada
di situs lain, misalnya, Anda telah "mencuri" bandwith situs tersebut
dan kemungkinan besar juga telah melanggar hak ciptanya.
Linkbait:
Segala macam konten (artikel, tools, kuis, video, gambar) yang dibuat
dengan tujuan utama untuk menarik link ke situs yang bersangkutan.
Kuantitas dan kualitas backlink adalah salah satu faktor dibalik sistem
algoritma mesin pencari Google, itulah alasan mengapa orang sangat
memperhatikannya. Bahkan ada pemasar online yang mengkhususkan diri
menciptakan cara promosi linkbait.
Movable Type:
Sofware blogging yang diciptakan oleh Six Apart. Pada tahun 2007
Movable Type menjadi layanan blogging gratis (dikeluarkan dibawah
ketentuan GPL atau General Public License).
Meta tags:
Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah
situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags tidak muncul di
halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung tidak pernah melihatnya.
Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun secara umum
semuanya digunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi
sebuah halaman situs kepada robot mesin pencari.
Niche:
Dalam jargon dunia internet, niche merujuk kepada sebuah topik atau
subyek tertentu. Kebanyakan situs mencakup satu atau lebih niche.
Contoh-contoh niche misalnya adalah olahraga, gosip, humor dan keuangan.
Beberapa niche dianggap lebih populer dan menguntungkan ketimbang yang
lain.
Nofollow:
Juga disebut sebagai tag nofollow, adalah sebuah tag yang disisipkan
dalam kode link yang berfungsi untuk memerintahkan robot mesin pencari
agar mereka tidak mengikuti link bersangkutan, dan karenanya tidak
menganggapnya sebagai link yang sesungguhnya. Google dan mesin pencari
yang lain merekomendasikan agar semua link berbayar menggunakan tag
nofollow.
PageRank:
Juga sering disebut Google PageRank, adalah sebuah sistem metrik yang
digunakan oleh Google untuk menilai tingkat kepercayaan sebuah situs.
Google PageRank memiliki nilai skala dari 0 hingga 10, dimana 10 adalah
nilai tingkat kepercayaan tertinggi yang bisa Anda dapatkan. Terdapat
algoritme yang rumit dibalik skala PageRank, namun faktor terpenting
yang mempengaruhinya adalah jumlah dan kualitas backlink sebuah situs
atau blog. Nilai PageRank (yang bisa dilihat menggunakan Google Toolbar)
di-update setiap setiap tiga bulan sekali.
Page Views:
Juga biasa disebut impresi. Setiap kali pengguna internet membuka
sebuah halaman situs tertentu, satu page view akan dihitung. Seorang
pengguna internet, misalnya, bisa mendapatkan sejumalh page views selama
mengunjungi sebuah situs. Situs-situs populer bisa mendapatkan jutaan
page views setiap
Bulannya.
PHP:
Kependekan dari Programming Hypertext Processor, adalah sebuah bahasa
pemrograman yang didesain untuk menciptakan halaman web yang bergerak.
Banyak situs (misalnya Digg.com) dibangun menggunakan PHP, seperti
halnya beberapa platform blog (misalnya WordPress). Jika Anda seorang
blogger atau web master, ada kemungkinan besar Anda akan menggunakan
PHP.
Pillar article:
Sebuah istilah yang pertama kali diciptakan oleh Yaro Starak, untuk
merujuk sebuah artikel panjang dan terstruktur, berisi informasi atau
sumber rujukan yang bermanfaat, yang dipublikasikan di blog. Artikel
pilar sangat penting untuk membangun otoritas dan menarik traffic
pengunjung ke blog Anda. Kedua faktor diatas datang dari blogger yang
lain yang mendapatkan manfaat dari artikel pilar dan menautkan link ke
artikel pilar tersebut.
Ping:
Sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah
sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dalam jargon dunia
blogger dan web master, ping juga berarti tindakan mengirimkan pesan
jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa Anda telah
meng-update blog atau situs Anda. Setiap kali Anda mempublikasikan
sebuah posting artikel baru, sebagai contoh, Anda bisa melakukan ping ke
mesin pencari untuk memberitahukan update yang Anda lakukan.
Pingback:
Sebuah tool jaringan yang digunakan untuk memberitahu sebuah situs
ketika seseorang menautkan link atau merujuk kepada situs tersebut.
Kebanyakan platform blog mencatat pingback secara otomatis. Artinya,
manakala seseorang menautkan link ke suatu artikel yang Anda tulis,
link-nya akan muncul di bagian komentar blog Anda.
Pligg:
Sebuah sofware open source yang memungkinkan penggunanya untuk membuat
situs social bookmarking di situsnya. Situs paling terkenal yang
menggunakan sofware Pligg adalah Sphinn.com.
WordPress Plugin:
Kode-kode khusus yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan
kemampuan sebuah software, dalam hal ini adalah WordPress. Terdapat
ribuan plugin WordPress yang telah dibuat, dengan fungsi yang sangat
beragam.
Pro Blogger:
Sebutan untuk seorang blogger profesional yang mendapatkan penghasilan
melalui blog dan hidup dari income yang ia terima dari aktivitas
blogging.
RSS:
Kependekan dari Really Simple Syndication. RSS adalah suatu format yang
digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman
situs yang di-update secara berkala. Sebuah dokumen RSS (yang disebut
feed) berisi ringkasan ataupun keseluruhan konten dari sebuah situs.
Keuntungan terbesar menggunakan RSS adalah memungkinkan pengunjung
sebuah situs untuk tetap berhubungan dengan situs-situs favorit mereka
tanpa harus mengunjunginya secara online. Manakala Anda berlangganan
sebuah RSS Feed, secara otomatis Anda akan menerima updates konten situs
bersangkutan apabila situs tersebut mempublikasikan konten baru.
Scraper:
Seseorang yang menyalin konten dari sumber lain (baik situs ataupun
blog) dan mempublikasikannya di blognya sendiri, dengan atau tanpa
memberikan kredit link, dan tanpa meminta izin kepada penulis aslinya.
Scraper bisa dilakukan secara manual ataupun otomatis dan biasanya
menggunakan tool scraping RSS Feed. Scraper jelas-jelas merupakan
pelanggaran hak cipta.
Splog:
Blog yang hanya digunakan untuk mempublikasikan konten konten spam.
Splogs biasanya berisi teks yang dikopi dari sumber lain, dikombinasikan
dengan link-link situs-situs obat-obatan terlarang, minuman keras dan
judi.
SEO:
Kependekan dari search engine optmization. SEO mencakup sejumlah
aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan ranking sebuah situs di
halaman hasil pencarian search engine (terutama Google). Ada dua jenis
aktivitas yang dilakukan yaitu: optimisasi on-page, yakni mengoptimalkan
penggunaan tag dan konten sebuah situs; dan optimisasi off-page, yakni
mengoptimalkan faktor-faktor eksternal misalnya jumlah dan kualitas
backlink, teknik-teknik promosi, dan lain-lain.
SERP:
Kependekan dari search engine results page. Ketika Anda mencari sebuah
kata kunci melalui Google search engine, Anda akan mendapatkan halaman
10 hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang Anda cari. Halaman
itulah yang disebut SERP.
Social Bookmarking:
Disebut juga social aggregators atau community bookmarking. Social
Bookmarking adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan,
mengirimkan, menyebarluaskan dan memberikan vote terhadap sebuah artikel
dari internet. Situs social bookmarking paling populer adalah Digg.com,
Reddit.com, StumbleUpon.com dan Del.icio.us.
Social Media:
Sebuah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan situs dan
aplikasi web dimana terdapat unsur interaksi sosial didalamnya (dalam
bentuk teks, gambar, suara, video atau gabungan dari semuanya). Contoh
situs social media adalah blog, forum online, social network, Wikipedia
dan lain-lain.
Social Networks:
Dalam dunia internet, istilah ini merujuk kepada sejumlah situs dan
aplikasi, dimana tujuannya adalah untuk memberi kesempatan penggunanya
yang memiliki sebuah minat yang sama untuk saling berhubungan,
berinteraksi dan berbagi. Contoh populer situs social network adalah
MySpace.com dan LinkedIn.com.
StumbleUpon: Situs
social bookmarking populer yang bertujuan memampukan para penggunanya
untuk menemukan situs-situs baru dan menarik. StumbleUpon bekerja dengan
menggunakan browser toolbar yang memungkinkan penggunanya untuk
memberikan vote dan meng-klik tombol “Stumble!” yang akan menampilkan
sejumlah situs atau halaman situs berdasarkan pilihan penggunanya dan
apa yang di-vote oleh pengguna lain.
Subscriber: Pengunjung
situs atau blog yang berlangganan RSS feed sebuah situs ataupun
berlangganan melalui email. Manakala situs tersebut di-update dengan
konten baru, pelanggan tersebut akan menerima konten melalui RSS Reader
ataupun email. Para web master dan blogger sangat memperhatikan jumlah
pelanggan RSS karena ia merepresentasikan jumlah pembaca setia dan
traffic pengunjung yang konstan.
Tag:
Hampir sama dengan kategori, tag digunakan untuk mengklasifikasikan
sebuah artikel atupun konten dalam sebuah situs. Tag bersifat lebih
fleksibel ketimbang kategori dan biasanya digunakan dengan cara yang
lebih spesifik. Satu artikel atau posting biasanya diberikan satu
kategori besar dan banyak tag di dalamnya.
Technorati:
Layanan mesin pencari blog, yang memberikan informasi tracking blog,
tautan link dan posting dari seluruh dunia. Sangat populer meskipun
beberapa tahun belakangan mulai kehilangan perhatian. Salah satu
fiturnya yang paling terkenal adalah daftar Technorati Top 100, yang
memberikan ranking 100 blog terpopuler di dunia berdasarkan jumlah link
dari blog lain.
Twitter:
Sebuah layanan social networking dan microblogging yang kini sangat
populer. Pengguna Twitter dapat "mengikuti" pengguna yang lain untuk
mendapatkan updates berita terbaru dari mereka. Setiap update hanya
boleh berisi 140 karakter, dengan atau tanpa hiperlink.
Text Link Ads:
Suatu bentuk layanan periklanan online dimana si pemasang iklan membeli
sebuah link di situs lain dengan teks yang ia pilih sendiri dan
biasanya tanpa tag nofollow. Praktek ini sangat populer hingga kemudian
Google mulai memberi penalti situs-situs yang menjual ataupun membeli
teks link dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pencarian search
engine.
Trackback:
Sebuah tool networking, hampir sama dengan pingback, yang digunakan
untuk memberi informasi kepada sebuah situs ketika seseorang menautkan
link ke situs tersebut. Unique visitor: Unique visitor adalah jumlah
pengunjung manusia yang masuk ke sebuah situs dalam jangka waktu
tertentu, Katakanlah 3 orang mengunjungi sebuah blog pada hari yang
sama, 2 orang mengunjunginya dua kali dan masing-masing membuka 5
halaman blog. Maka pada hari tersebut, blog ini memiliki 3 unique
visitors, 5 total visitors, dan 15 page views.
Viral Content:
Konten yang menyebar dengan sangat cepat di dunia internet, seperti
halnya virus flu dalam kehidupan nyata. Kontennya sendiri bisa berupa
artikel, gambar, atau video, namun harus sangat lucu, kontroversial atau
sangat bermanfaat sehingga orang merasa perlu untuk menulis tentangnya.
atau memberitahu temannya mengenai hal tersebut.
WordPress:
Software blogging paling populer di dunia internet, diciptakan oleh
sebuah perusahaan yang bernama Automattic. WordPress mendapatkan
popularitas terutama karena dukungan komunitasnya yang sangat aktif. Ada
ribuan orang yang menyediakan template gratis, plugin dan dukungan
terhadap pengembangan proyek
WordPress.
URL: Kependekan dari Uniform Resource Locator. URL mencakup nama domain dan protokol yang digunakan. Contoh URL adalah http://www.dewa-krisna.blogspot.com
Viral Marketing:
Sebuah teknik pemasaran untuk menyebarluaskan informasi dengan cepat
menggunakan sarana email, blog dan kabar dari mulut ke mulut. Banyak
situs sosial media dan situs sosial bookmarking juga dipergunakan
sebagai sarana viral marketing. Many social news sites and social
bookmarking sites also lead to secondary citations.
XML:
Kependekan dari Extensible Markup Language, yaitu sebuah format teks
sederhana dan sangat fleksibel yang diturunkan dari SGML, dan digunakan
untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.
Sumber : Dewa Krisna Blogspot